Tuesday, September 01, 2015

Tips Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Tips Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil - Saat sedang hamil, wanita tentunya sering mengeluh sakit pinggang. Hal tersebut memang biasa terjadi bagi ibu hamil, namun sebaiknya kita tidak boleh menganggap remeh hal tersebut. Jika Anda adalah seorang wanita hamil dan sering mengeluh sakit pinggang maka akan baik bagi Anda jika segera mengobatinya. Karena kesehatan Ibu Hamil adalah hal yang utama, agar kondisi kesehatan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan juga tetap maksimal.

Tips Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil


Lalu, bagaimana caranya agar tidak tersiksa karena sakit atau nyeri pinggang saat hamil?

Anda tidak perlu khawatir karena secara umum, sakit pinggang ini bisa dicegah dan diobati dengan cara, sebagai berikut:

Berlatih sikap tubuh yang baik

  • Bayi Anda setiap harinya mengalami perkembangan dalam perut Anda. Saat mengalami perkembangan itu, perut Anda akan semakin membesar ke depan. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa sikap tubuh yang baik agar Anda mampu menyesuaikannya agar pinggang Anda tidak terasa sakit. Berdiri dengan tegak merupakan sikap tubuh yang baik, selain itu Anda perlu mengangkat atau menarik dagu tinggi-tinggi. Selalu memastikan bahwa pundak Anda selalu bersandar ke belakang dan rileks. Kemudian jangan lupa untuk mengatupkan lutut.  
  • Pilihlah sikap berdiri yang baik dan juga memilih sikap duduk dengan hati-hati. Saat ingin duduk di kursi sebaiknya mencari kursi yang mampu menahan punggung. Anda juga bisa mencari bangku kecil untuk menyandang kaki Anda.

Angkat beban yang wajar

  • Hindari mengangkat benda berat selama kehamilan dan ikuti tips ini ketika sedang mengangkat barang. Luruskan punggung, tekuk lutut dan angkat menggunakan tenaga kaki. Dekatkan objek dengan tubuh Anda, dan menghindari menggangkat menggunakan otot punggung. Jika Anda harus memutar, putar seluruh tubuh Anda. Jangan sampai pinggang Anda berputar. Meminta bantuan ketika Anda kesulitan mengangkat benda.

Gunakan pakaian yang cocok dan mendukung kehamilan

  • Pakailah sepatu bersol rendah tetapi tidak datar, dan kenakan juga celana khusus hamil dengan garis pinggang rendah dan dapat mendukung perut saat bekerja dan sebaikya gunakan baju daster ketika dirumah.

Tidur miring

  • Di masa akhir kehamilan, Anda harus tidur miring dengan menghadap ke kiri atau ke kanan sehingga rahim tidak memberikan tekanan pada vena cava, vena utama yang terletak di sisi kanan perut yang membuat darah Anda beredar. Untuk membantu menjaga tulang belakang tetap sejajar, disarankan menempatkan bantal di bawah perut atau diantara kaki. Tidur dengan posisi miring akan mengurangi beban pada otot perut dan panggul.

Olahraga

  • Olahraga teratur bisa memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas otot. Aktivitas itu juga bisa mengurangi stres pada tulang belakang Anda. Jenis olahraga yang aman untuk kebanyakan perempuan hamil yakni jalan kaki, berenang, dan bersepeda statis. Dokter atau ahli terapi fisik dapat merekomendasikan jenis latihan lainnya untuk memperkuat punggung dan perut.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment