Saturday, May 14, 2016

Ketahui Manfaat Buah Kedondong Untuk Kehamilan

Ketahui Manfaat Buah Kedondong Untuk Kehamilan - Buah kedondong adalah salah buah yang tak asing lagi di masyarakat kita. Kedondong mudah sekali ditemui di pasar, jalanan dan toko buah. Tak jarang banyak orang yang mempunyai pohon kedondong.

Buah kedondong mempunyai kulit yang tipis dengan warna hijau sampai kuning jika terlalu matang. Dagingnya yang berwarna putih mempunyai tekstur yang lumayan keras dan rasa yang sedikit asam. Yang menjadi unik yaitu buah ini ini mempunyai biji yang tidak sama dengan buah lain yaitu bijinya berserabut dan menjalar hampir ke seluruh daging buah.

Ketahui Manfaat Buah Kedondong Untuk Kehamilan

Buah yang satu ini ternyata juga banyak manfaatnya termasuk untuk ibu hamil. Nah sekarang kita akan membahas manfaat buah kedondong bila di konsumsi oleh ibu hamil. Biasanya kedondong di konsumsi secara segar kadang juga di konsumsi dalam bentuk rujak dan manisan kedondong. Sebelum membahas mengenai manfaatnya, ada baiknya jika kita melihat informasi kandungan gizi yang ada pada buah kedondong.

Kandungan yang ada pada buah kedondong ini dalam 100 gram adalah :


  • Vitamin A 233 IU
  • Vitamin B1 0.08 mg
  • Vitamin C 30 mg
  • Protein 41 kkal
  • Lemak 0.1 gram
  • Energi 41 kkal
  • Karbohidrat 10.3 gram
  • Zat besi 3 mg
  • Fosfor 22 mg
  • Kalsium 15 mg


Manfaat Dan Khasiat Buah Kedondong Untuk Ibu Hamil 


Jika diatas adalah kandungan yang ada dalam buah kedondong, berikut ini keuntungan dari mengkonsumsi buah kedondong untuk wanita hamil :

Zat besi

Zat besi adalah unsur penting yang sangat dibutuhkan janin. Zat besi ini berguna untuk membawa oksigen, membantu pembentukan hemoglobin, membantu fungsi otot, hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Walaupun masih berada dalam kandungan, janin juga memerlukan zat besi yang cukup.

Mengandung Vitamin A

Vitamin A di butuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan organ mata ibu hamil. Tahukah Anda bahwa vitamin A di butuhkan janin untuk menjadi daya tahan tubuh atau sering di sebut sistem imun janin.  

Energi

Energi ini juga berguna untuk janin, untuk memenuhi kebutuhan energi ibu dan janin.

Khasiat buah kedondong bagi ibu hamil ini bisa didapatkan jika ibu hamil mengkonsumsi kedondong secara rutin. Namun, ada beberapa ibu hamil yang tidak terlalu suka atau bingung bagaimana cara mengkonsumsi kedondong. Rasa asam yang khas pada buah ini biasanya disukai oleh ibu hamil yang sedang ngidam. Tetapi bentuk serat di dalam buah ini terkadang tidak disukai oleh sebagian orang. Berikut adalah beberapa pilihan olahan atau cara mengkonsumsi kedondong.

1. Manisan

  • Olahan kedondong yang paling populer adalah manisan. Walaupun tidak sesuai dengan namanya, manisan belum tentu rasanya manis. Manisan kedondong berbentuk kedondong yang sudah dipotong-potong dan dibumbui dengan resep khusus dan disimpan di lemari pendingin. Manisan ini bisa pula disajikan dengan buah lain seperti mangga muda.

2. Rujak

  • Cara kedua adalah dengan membuat rujak manis atau rujak buah. Kedondong yang telah dicuci bersih lalu dipotong-potong. Kemudian sajikan bersama sambal manis. Dengan olahan di atas maka khasiat buah kedondong bagi ibu hamil akan terasa lebih nikmat disantap benar tidak bunda ?


Bervitamin C

Kebutuhan vitamin C tubuh manusia pada umumnya 75-90 mg perhari. Dengan mengkonsumsi buah dondong 300 gram perhari maka kebutuhan vitamin C tubuh bisa terpenuhi. Manfaat vitamin C untuk ibu hamil adalah menjaga tubuh dari oksidan yang menggangu kesehatan ibu hamil selain itu membantu penyerapan nutrisi lain dalam tubuh.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, manfaat kedondong untuk ibu hamil juga dapat mengurangi rasa mual dan mulut tak sedap setelah makan. Bila Anda penasaran dengan khasiat buah kedondong bisa di coba sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment