Wednesday, May 18, 2016

Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama

Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama - Kehamilan merupakan suatu anugerah yang sangat menyenangkan bagi wanita di dunia ini. Oleh karena itu, menjaga kehamilan harus dilakukan dengan baik bahkan sejak awal pertama kehamilan atau yang dikenal dengan sebutan trimester pertama. Pada awal masa kehamilan memang sangat menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan bagi setiap wanita, karena awal kehamilan di trimester pertama masih sangat rentan terhadap perkembangan janin.

Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama

Jika Anda tidak hati-hati, maka akibat paling parah yang akan Anda dapatkan adalah gugurnya janin. Sebagai seorang ibu, tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Oleh sebab itu, menjaga kehamilan pada trimester pertama harus hati-hati.

Tips Untuk Menjaga dan Merawat Kehamilan Pada Trimester Pertama


Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga dan merawat kehamilan pada trimester pertama yang bisa Anda lakukan agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

  1. Bagi Anda yang berprofesi sebagai wanita karir, pada trimester pertama Anda memang banyak mengalami hal yang perlu penyesuain mengingat perubahan fisik dan psikologis yang mempengaruhi pekerjaan Anda. Sebaiknya Anda menghindari pekerjaan yang terlalu berat saat Anda sedang hamil pada trimester pertama. Karena pekerjaan berat yang Anda kerjakan akan menyita waktu istirahat Anda, selain itu beberapa pekerjaan yang akan membuat Anda merasa terbebani akan memicu stres. Anda sebaiknya menghindari kondisi stres, karena akan memicu hormon yang akan berkontrasksi dengan rahim sehingga meningkatkan keguguran pada kehamilan di usia muda.
  2. Hamil juga jangan di jadikan alasan untuk bermalas-malasan, tidak sedikit wanita hamil yang hanya menghabiskan waktunya untuk tidur saja, padahal tanpa beraktivitas justru tidak baik untuk kesehatan ibu dan janinnya karena dapat melemahkan otot-otot dalam tubuh. Meskipun hamil, ibu juga tidak boleh kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, hangout atau melakukan aktivitas rumah tangga ringan misal menyapu atau memasak dan melakukan olah raga ringan seperti berjalan atau senam hamil. Meskipun tetap beraktivitas namun istirahat juga tidak boleh dilupakan karena istirahat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Dengan beristirahat maka akan membantu merelaksasi pikiran dan otot-otot dalam tubuh.
  3. Selama kehamilan pada trimester pertama banyak wanita hamil yang mengalami mual dan muntah, untuk itu hindarilah makanan yang memiliki bau menyengat yang dapat menyebabkan Anda mual dan muntah. Minumlah air hangat di pagi hari, karena air hangat dapat memberikan rasa nyaman pada perut. Bila Anda mengalami mual dan muntah yang berlebihan dan mengganggu aktivitas Anda, segeralah hubungi dokter dan mintalah obat anti mual untuk mengurangi gangguan mual-mual pada Anda.
  4. Berkonsultasi ke dokter atau bidan adalah hal yang paling penting dilakukan untuk menjaga janin agar tetap sehat karena pada masa kehamilan banyak perubahan-perubahan yang dialami bahkan hal biasa yang sering dialami pada saat tidak hamil dapat menjadi bahaya ketika dalam keadaan hamil seperti keputihan, demam, atau pendarahan. Dengan berkonsultasi kepada dokter atau bidan maka masalah dapat terdeteksi sesegera mungkin.
  5. Pada trimester pertama, ada beberapa ibu hamil yang mengalami kram perut atau rasa sakit seperti ditusuk yang timbul sebentar dan tidak menetap. Hal ini lumrah terjadi, karena pada trimester pertama, di dalam perut terjadi pertumbuhan dan pembesaran rahim yang menyebabkan otot dan ligamen meregang, hal inilah yang menyebabkan rasa sakit. Yang perlu dilakukan ibu hamil ketika terjadi kram perut adalah merilekskan badan dengan berbaring di tempat tidur, hubungi dokter apabila kram perut tidak kunjung mereda.
  6. Pada usia kehamilan muda emosi Anda akan tiba-tiba naik dan turun dikarenakan adanya pengaruh hormon yang tidak seimbang selama kehamilan. Mengelola emosis merupakan cara yang terbaik dalam trimester pertama, apalagi untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi sebelum kehamilan sebaiknya harus pandai-pandai mencari cara untuk rileksasi dalam menjaga kehamilan.
  7. Janganlah melakukan gerakan-gerakan yang membahayakan seperti gerakan menghentak, lompatan dan loncatan. Karena trimester pertama merupakan masa kehamilan yang rawan keguguran.

Tugas seorang ibu adalah selalu menjaga sang buah hati agar tetap sehat dan terlindungi bahkan sejak masih ada di dalam kandungan. Semoga informasi Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama dapat membantu Anda untuk melindungi dan menjaga kesehatan calon buah hati yang dinanti-nantikan.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment