Friday, May 20, 2016

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan - Kunyit merupakan salah satu rempah atau bumbu dapur yang sangat banyak terdapat di negara kita Indonesia, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai obat herbal tradisional. Sebagai jenis tanaman yang sudah melekat pada masyarakat sejak lama, manfaat kunyit untuk kesehatan dapat perlahan-lahan diketahui bagi para masyarakat yang menggunakan kunyit.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat kunyit antara lain yang paling sering diketahui oleh masyarakat umum adalah untuk ibu menyusui, untuk ibu hamil dan sebagainya. Sedangkan manfaat lainnya dari kunyit adalah untuk membersihkan wajah dan menghilangkan flek hitam pada kulit. Untuk hidup sehat, tidak perlu memerlukan biaya yang besar, meskipun kunyit mempunyai harga yang ekomis, khasiatnya yang sangat besar dari segi kesehatan, menjadi pilihan yang utama bagi para penggunanya.

Lalu, apa saja manfaat dan khasiat kunyit bagi kesehatan?


Kunyit memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga tubuh kita menjadi tetap sehat dan bugar. Selain itu kunyit juga dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit dari penyakit yang ringan hingga penyakit berat. Dunia medis juga sudah membuktikan manfaat yang sangat banyak dari kunyit. Tidak usah memerlukan obat yang non herbal yang prosesnya belum tentu benar, kunyit menjadi pilihan terbaik untuk saat ini.

Anti Inflamasi


Khasiat anti inflamasi alami dari kunyit juga berfungsi sebagai pengobatan anti inflamasi, dan tidak memiliki efek samping. Penelitian awal menunjukkan bahwa kunyit membantu penyembuhan inflamasi mata (uveitis), penyakit perut (ulcerative colitis) dan sclerosis ganda.

Sebuah penelitian dilakukan untuk membuktikan manfaat kunyit dalam mengatasi inflamasi. Penelitian menggunakan formula yang terdiri dari kunyit, menunjukkan bahwa kunyit mengurangi rasa sakit dan kelumpuhan sehubungan dengan osteoarthritis, namun hal ini belum pernah diteliti secara menyeluruh.

Pencegahan Kanker


Kandungan antioksidan curcumin ini memungkinkan untuk melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA. Proses ini sangat bermanfaat khususnya bagi usus besar yang mana pergantian sel cukup pesat, yang terjadi kira-kira setiap tiga hari. Karena replikasi sel ini sering terjadi, mutasi DNA pada sel usus dapat menyebabkan pembentukan sel-sel kanker jauh lebih cepat. Curcumin juga membantu tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker, sehingga mereka tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh yang dapat membuat kerusakan yang lebih parah. Cara utama kurkumin melakukannya adalah dengan meningkatkan fungsi hati.

Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke


Manfaat kunyit lainnya yang tak kalah penting adalah mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Curcumin juga memiliki dampak positif terhadap kolesterol, menurut Bowden, dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa curcumin membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penumpukan LDL (kolesterol ‘jahat’) pada pembuluh darah. Oleh sebab itu curcumin dapat membantu menghentikan penumpukan plak (atherosclerosis) yang bisa menutupi arteri dan menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Untuk Diet Sehat


Jika sedang berdiet, kunyit merupakan suatu cara diet sehat yang patut dicoba, bagaimana penggunaan kunyit bagi yang sedang berdiet, caranya adalah dengan mencampurkan kunyit yang sudah diolah ke dalam makanan seperti di dalam nasi goreng, dan makanan lainnya, fungsi utama dari kunyit dalam membantu diet yaitu ikut serta membantu menjaga metabolisme bagi tubuh agar tubuh tetap sehat bagi yang sedang melakukan diet.

Mencegah Penyakit Alzheimer


Tidak banyak yang mengetahui manfaat kunyit yang satu ini. Para ilmuwan percaya bahwa kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki curcumin cukup kuat untuk memecah plak amyloid pada otak yang menjadi penyebab Alzheimer. “Jika sumbatan pada pembuluh darah berkurang, maka bagian tertentu pada otak dapat lebih mudah menerima asupan oksigen dan otak dapat berfungsi dengan lebih baik,” menurut Hourigan. Alzheimer’s Disease Research Center di Universitas California saat ini merencanakan untuk melakukan uji coba pada manusia.

Manfaat kunyit bagi kesehatan memang banyak sekali, manfaatkan lah untuk meningkatkan fungsi tubuh dan kesehatan kita. Cara penggunaannya dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti dalam bumbu masakan, bubuk, direbus, atau dimakan langsung jika bisa. Termakasi telah membaca artikel ini hingga selesai, semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment