Sunday, November 01, 2015

Tanda-Tanda Awal Pada Kehamilan

Tanda-Tanda Awal Pada Kehamilan - Kehamilan adalah sebuah anugerah dari Tuhan untuk kita jaga dengan sebaik-baiknya. Bagi pasangan suami-istri yang telah menikah, kehamilan ini adalah saat yang paling ditunggu-tunggu, meskipun ada yang menundanya. Begitu dinantikannya, sehingga tidak mau ketinggalan momen ini dan pada akhirnya mencari tahu seperti apa sih tanda awal kehamilan itu?

Tanda-Tanda Awal Pada Kehamilan

Untuk itu kita perlu mengetahui tanda-tanda awal kehamilan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, misalnya terjadinya keguguran saat hamil muda. Tanda-tanda awal kehamilan memang terkadang berbeda-beda pada tiap wanita, namun tanda-tanda orang hamil muda tersebut dapat kita simpulkan secara umum. Kadang kita selalu bertanya-tanya saat kita mual dan selalu pengen muntah, apakah saya hamil? Nah, salah satu tanda kehamilan tidak selalu menjamin jika Anda telah mengandung seorang bayi yang mungkin sudah Anda tunggu-tunggu.

Sebagai seorang wanita secara umumnya, sangat baik bagi Anda untuk mempelajari dan membekali diri dengan pengetahuan tentang kehamilan. Tujuannya tentu saja agar Anda bisa lebih memahami berbagai kondisi yang nantinya akan Anda rasakan ketika hamil, dan supaya tidak terlalu panik saat tiba-tiba merasakan kondisi yang ekstrim ketika mulai hamil.

Nah, untuk menambah pengetahuan dan rasa penasaran Anda mengenai tanda-tanda awal pada kehamilan, berikut ini kami informasikan beberapa tanda awal kehamilan yang umum terjadi pada wanita hamil.

Munculnya bercak darah atau flek


Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi.

Bentuk tubuh yang berubah


Gejala ilmiah yang selanjutnya adalah postur tubuh yang berubah. Mungkin jika beberapa minggu setelah berhubungan dengan pasangan, Anda merasakan atau mengalami perubahan bentuk fisik, seperti perut yang membesar, bokong membesar, serta bagian dada, lengan dan paha pun biasanya akan terlihat lebih besar dari biasanya. Maka dari itu tak jarang kondisi tersebut akan membuat seorang wanita hamil seperti mengalami pembengkakan.

Mual (Morning Sickness)


Mual adalah gejala kehamilan yang paling umum. Rasa mual itu terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Biasanya rasa mual ini akan pergi seiring Anda memasuki trimester kedua kehamilan. Selain mual, Anda juga merasa lebih sensitif pada bau tertentu. Sejumlah peneliti menduga, gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak mudah makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya.

Lebih sering buang air kecil


Ciri fisik awal kehamilan selanjutnya adalah seorang waita akan menjadi lebih sering buang air kecil dan mengalami konstipasi. Apa penyebabnya? Apakah karena terlalu banyak minum? Mungkin gejala atau ciri ciri akan hamil ini bisa disebabkan karena masalah tersebut. Tetapi secara umum, kondisi ini ternyata disebabkan oleh hal lain. Pada wanita hamil, tubuh akan menghasilkan hormon hCG, pelepasan hormon terjadi sejak implantasi embrio di uterus. Hormon ini pulalah yang menjadi indikasi kehamilan pada alat test pack kehamilan.

Terlambat menstruasi


Ini adalah gejala awal yang paling jelas dari kehamilan. Tetapi terlambat menstruasi tidak selalu berarti hamil. Kehilangan berat badan terlalu banyak, stress, kelelahan juga bisa menyebabkan seorang wanita tidak/terlambat menstruasi. Selama kehamilan, beberapa wanita juga bisa mengalami pendarahan. Tanyakan pada dokter Anda bila Anda mengalami hal ini, apakah pendarahan tersebut normal atau membahayakan.

Sakit punggung


Sakit pada punggung bagian bawah bisa menjadi tanda-tanda awal kehamilan, namun ini bukan menjadi suatu kepastian apakah anda telah hamil apa tidak. Karena sakit punggung inipun kadang terjadi bisa karena memang anda sedang capek. Akan tetapi, pada umumnya sakit punggung ini pasti akan anda rasakan saat anda mengandung mengingat adanya beban lebih pada perut anda yang membuat punggung menjadi lebih banyak tegang.

Ngidam atau ingin sekali makan makanan tertentu


Tanpa alasan yang jelas, mendadak Anda sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin bukan makanan favorit Anda. Atau sebaliknya, Anda tiba-tiba tak tahan dengan makanan yang selama ini jadi kegemaran Anda. 

Dalam kehamilan, tanda-tanda diatas merupakan gejala yang umum terjadi pada seorang wanita yang sedang hamil muda. Namun tentu tidak semua wanita akan mengalami hal tersebut. Utuk memastikannya, periksakan segera ke dokter kandungan atau bidan Anda.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment