Monday, May 09, 2016

Untung Rugi Mandi Pada Malam Hari

Untung Rugi Mandi Pada Malam Hari - Bisa dibilang mandi menjadi salah satu ritual sehari-hari kita yang sungguh mengasyikkan. Bagaimana tidak, dengan melakukan mandi tubuh kita yang tegang dapat rileks kembali. Tak hanya itu, mandi juga dapat memelihara dan menjaga kesehatan tubuh Anda.

Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, kotoran atau merevitalisasi sel-sel kulit yang telah mati. Biasanya kita juga merasa akan lebih segar, bersih dan santai setelah mandi. Bagi sebagian orang mandi itu adalah salah satu momen intim dalam sehari karena benar-benar bisa merelaksasikan dan memanjakan tubuh Anda sendiri.

Untung Rugi Mandi Pada Malam Hari
Manfaat mandi dengan menggunakan air hangat atau air dingin

Kebiasaan di waktu mandi, frekwensi tempat mandi dan perlengkapan mandi yang digunakan bergantung pada kebudayaan dan kondisi geografis tempat tinggal. Contohnya saja seperti di Indonesia biasanya orang mandi 2x dalam sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Akan tetapi dalam budaya barat justru lebih suka mandi pada waktu pagi hari, sementara dalam budaya Tiongkok orang-orang lebih  banyak yang mandi dengan menggunakan air hangat pada waktu malam hari.

Nah, yang harus Anda pahami juga adalah tentang temperatur air yang digunakan pada saat melakukan ritual mandi. Ternyata temperatur air yang digunakan untuk mandi terutama saat mandi malam itu menghasilkan efek tertentu pada tubuh Anda. Misalnya saja ketika mandi pada saat malam hari dengan menggunakan air hangat dan air dingin itu memberikan manfaat yang berbeda pada tubuh Anda. Mau tahu untung dan rugi mandi pada saat malam hari? berikut ini telah Seputar Kesehatan rangkum manfaat mandi dengan menggunakan air hangat ataupun air dingin.

Mandi Air Dingin Sehat atau Tidak?


Mandi dengan menggunakan air dingin memang sangat menyegarkan, tapi tidak untuk di malam hari. Bagi sebagian orang mandi di waktu malam hari bisa membuat badan jadi menggigil kedinginan, bahkan ada mitos yang mengungkapkan bahwa mandi malam dengan menggunakan air dingin akan membuat badan Anda rentan terkena penyakit rematik dimasa tuanya. Tak hanya itu, kebanyakan dari mereka juga percaya bahwa ada beberapa penyakit yang suka timbul karena suka melakukan mandi malam seperti penyakit paru-paru basah. Akan tetapi, sampai saat ini memang belum ada penelitian yang menyatakan bahwa mandi malam dengan menggunakan air dingin itu menimbulkan penyakit. Karena sebenarnya justru sebaliknya, mandi malam dengan menggunakan air dingin itu menyehatkan.

Tak disangka mandi dengan menggunakan air dingin dapat meningkatkan kewaspadaan kita terhadap sesuatu hal. Hal ini bisa terjadi karena kontak dingin pada kulit akan meningkatkan kadar norepinefrin dalam tubuh, sehingga sistem syaraf simpatis teraktifasi dan tubuh menjadi lebih waspada. Makanya berendam atau mandi dengan menggunakan air dingin pada malam hari tidak selalu berdampak negatif lho! Bisa mengencangkan kulit di tubuh kita ternyata tak selamanya menggunakan produk-produk kecantikan yang mahal, karena sebenarnya dengan rajin mandi malam hari dengan air dingin saja itu sudah bisa membuat kulit Anda menjadi kencang.

Jadi mandi air dingin dapat menjauhkan Anda mengalami kerapuhan, membantu Anda terlihat bercahaya dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Mandi dengan air dingin adalah salah satu cara untuk menjaga kulit agar tetap elastis, segar dan tampak berseri. Sama halnya dengan kulit, ternyata air dingin juga mampu mencegah kerontokan pada rambut lho! Jadi bagi Anda yang memiliki rambut rontok bisa menggunakan air dingin sebagai obat alami sebagai pencegah kerontokan rambut. Selain itu menggunakan air dingin saat mencuci rambut juga akan membuat kurtikula tertutup sehingga nutrisi yang diberikan kepada rambut dari shampo atau konditioner akan meresap lebih baik. Penyerapan nutrisi yang baik akan membuat rambut lebih sehat dan tidak terlihat kusam.

Khasiat Mandi Dengan Menggunakan Air Hangat


Selain bisa menggunakan air dingin, mandi di malam hari juga bisa menggunakan air hangat. Banyak orang yang menyukai mandi malam dengan menggunakan air hangat. Selain bisa langsung merasakan hangatnya air di badan kita, terkadang air hangat juga bisa langsung membuat badan kita menjadi rileks. Jika Anda sudah lelah kerja seharian, badan lengket dan bau, pasti air hangat seringkali dipilih menjadi solusi yang tepat untuk mereleksasikan badan.

Selain itu masih ada beberapa manfaat lain lagi tentang mandi pada malam hari dengan menggunakan air hangat yaitu, saat air hangat terkena kulit efek hangatnya mampu merangsang pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Selain itu efek hangat tersebut juga mampu membuat faskularisasi pada otot dengan baik sehingga tubuh pun menjadi lebih rileks dan segar. Semua hal itu berdampak pada banyaknya khasiat yang bisa didapatkan dengan mandi dan air hangat.

Jika Anda sedang mengalami rasa cemas, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan air hangat. Caranya bisa dengan berendam atau mandi dengan menggunakan air hangat, Anda dapat melakukan ini dengan santai dan tidak terburu-buru. Air hangat dapat mengembalikan aura positif tubuh. Rendaman air Anda bisa juga ditambahkan dengan 3/4 gelas baking soda dan irisan jahe. Rendam tubuh Anda selama 10 hingga 15 menit. Cara ini dapat mengurangi kecemasan Anda. Cuaca tak menentu terkadang membuat daya tahan tubuh kita pun semakin berkurang, virus flu pun mudah menyerang. Jika sudah begini Anda bisa menggunakan air hangat sebagai obat alami tepat. Caranya adalah bisa dengan melakukan mandi sekitar 10 - 15 menit menggunakan air paling hangat yang bisa Anda tahan, tarik dan keluarkan nafas dalam-dalam agar paru-paru dan rongga hidung Anda lega dengan uap.

Itulah tadi Untung Rugi Mandi Pada Malam Hari yang telah Seputar Kesehatan rangkum khusus untuk Anda. Bagaimana? Apakah Anda lebih suka mandi pada malam hari dengan menggunakan air dingin atau air hangat? Apapun itu pilihannya, semoga informasi diatas dapat menambah wawasan kita semua ya.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment