Monday, November 02, 2015

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh - Brokoli merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Tanaman brokoli konon berasal dari daerah Mediterania. Asal tahu saja, sejak zaman Yunani kuno, tanaman ini sudah dibudidayakan. Brokoli masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an. Saat ini, dengan mudah kita bisa membeli brokoli bahkan di pasar tradisional sekali pun.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Biasanya, brokoli dikonsumsi dengan cara dimasak sebagai tumis. Namun, untuk mendapatkan khasiat yang lebih sehat orang-orang memasaknya hanya dengan dikukus saja dan dijadikan sebagai lalapan. Bahkan, sekarang ini cukup populer jus brokoli.

Apa saja kandungan nutrisi yang terkandung dalam brokoli? Dan apa saja manfaat brokoli bagi kesehatan?

Brokoli telah lama diketahui sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan karena kandungan gizi di dalamnya. Brokoli merupakan sayuran dengan kalori yang rendah, rendah lemak, dan bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium dan rendah sodium dan tidak mengandung kolesterol. Brokoli mengandung energi, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang berguna bagi tubuh.

Beberapa penelitian menemukan brokoli mengandung senyawa anti kanker dan dapat mencegah asma serta gangguan pernapasan lainnya. Zat gizi yang terkandung dalam brokoli diantaranya, air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, vitamin (A, C, E, tiamin, riboflavin, nikotinamide), kalsium, betakaroten, dan glutation. Selain itu, brokoli mengandung sulforafan dan iberin yang merangsang pembentukan glutation.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Brokoli telah lama dikenal memiliki kandungan nutrisi yang paling ampuh dalam memerangi kanker. Itulah yang mengangkat statusnya sebagai si super-food. Brokoli mengandung antioksidan dan vitamin C. Berikut ini beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh:

Mencegah penyakit jantung


Penyakit jantung merupakan momok menakutkan bagi manusia yang hidup di zaman moderen. Namun, penelitian dari Institute for Food Research di Norwich, Inggris berhasil menyilangkan brokoli yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal. Dan itu merupakan senyawa yang diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Menurunkan berat badan


Bagi anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan, maka brokoli bisa menjadi makanan yang pas. Brokoli merupakan makanan rendah karbohidrat. Kandungan serat yang tinggi membuat Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Menjaga kesehatan tulang


Dalam artikel yang dulu, saya pernah membahas mengenai cara menjaga kesehatan tulang. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tulang, yaitu kalsium serta vitamin K. Nah, brokoli merupakan sayuran yang memiliki keduanya sehingga sangat baik jika dikonsumsi untuk kesehatan tulang, gigi dan mencegah osteoporosis.

Mengobati penyakit asma


Brokoli mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium juga serat makanan. Super food ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik. Mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.

Meningkatkan kecerdasan


Selain vitamin C dan vitamin K, brokoli juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Ketiganya adalah motor yang membangun kesehatan mental serta menngkatkan memori otak.

Kesehatan mata dan kulit


Brokoli mengandung vitamin A dan lutein yang bagus untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan glucoraphaninnya dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan.

Mencegah kanker


Para ilmuwan menyatakan bahwa brokoli memiliki sifat anti kanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium. Hal ini berkat kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate. Inilah yang disebut-sebut sebagai manfaat brokoli yang paling besar.

Nah, itulah beberapa Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh, Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment