Sunday, July 19, 2015

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan - Merasa gatal di daerah selangkangan merupakan masalah yang sering terjadi pada manusia dan bisa menimpa siapa saja. Tidak hanya terjadi di selangkangan saja, gatal dan iritasi juga seringkali terjadi dibagian kulit lainya.

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Sebenarnya hal ini sangat mudah dicari solusinya, yakni cukup dengan menggaruknya saja. Tapi, saat merasa gatal pada daerah selangkangan, sebaiknya jangan digaruk apalagi Anda berada ditempat umum. Selain tidak enak dipandang karena terlihat tidak sopan, menggaruk selangkangan juga dapat menyebabkan ruam dan lecet pada kulit Anda.

Lalu, apa penyebab gatal di daerah selangkangan?

Penyebab utamanya adalah karena kuman dan jamur yang menyebabkan gatal pada selangkangan maupun daerah lain pada tubuh. Selain itu, gatal juga bisa muncul akibat alergi terhadap makanan yang di konsumsi, misalnya dari ikan asin, ikan tongkol, telur, udang dan lain sebagainya. Faktor lain juga disebabkan karena kombinasi antara panas, lembab, dan juga gesekan kulit dengan pakaian yang menyebabkan kulit menjadi merah dan iritasi. Gatal pada selangkangan juga bisa terjadi akibat dari bagian tubuh yang kurang terjaga kebersihannya, sehingga membuat kuman dan jamur dapat berkembang dengan leluasa.

Cara mengatasi gatal pada selangkangan

  1. Gunakanlah pakaian yang bersih dan selalu mengganti pakaian dalam yang sudah dalam keadaan lembab karena keringat.
  2. Jangan menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat, karena pakaian yang terlalu ketat dan sempit dapat membuat selangkangan menjadi panas dan lembab sehingga kuman dan jamur akan semakin berkembang yang nantinya akan membuat kulit jadi lecet dan iritasi.
  3. Hindari makanan yang menyebabkan alergi bagi kulit.
  4. Jangan dibiasakan menggaruk kulit selangkangan yang gatal, karena kulit akan iritasi dan dapat menyebabkan infeksi. Untuk mencegah terjadinya penggarukan tanpa sadar ketika Anda sedang tidur, usahakan memotong kuku jari tangan atau menggunakan sarung tangan saat sedang tidur.
  5. Gunakan juga bedak atau cream anti jamur pada daerah selangkangan Anda, paling tidak dua kali sehari. Untuk mendapatkan bedak atau cream anti jamur ini bisa didapatkan dengan mudah di apotik dan toko obat biasa tanpa resep dokter. Lakukan pola ini selama seminggu atau lebih, hingga rasa gatal hilang dari selangkangan.

Itulah beberapa langkah dan tips kesehatan untuk mengatasi gatal di selangkangan yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment