Wednesday, July 22, 2015

Penyebab Wanita Susah Hamil

Penyebab Wanita Susah Hamil - Pada umumnya pasangan suami istri akan menginginkan kehadiran sang buah hati untuk melengkapi keluarga kecil mereka setelah melakukan pernikahan. Namun tidak sedikit pasangan yang sudah cukup lama menikah belum juga mempunyai anak / tidak hamil. Padahal berbagai cara cepat hamil sudah dilakukan, seperti melakukan hubungan intim secara teratur, menerapkan pola hidup sehat, makan-makanan yang bergizi, dan sebagainya.

Penyebab Wanita Susah Hamil

Jika demikian, Langkah pertama yang sangat disarankan adalah segera berkonsultasi dengan dokter Anda, karena jika anda telah berhubungan intim secara teratur selama beberapa bulan dan belum juga ada tanda-tanda kehamilan maka besar kemungkinan Anda atau pasangan Anda sedang mengalami masalah kesuburan yang perlu ditangani dengan tindakan yang tepat. Dalam pemeriksaan tersebut, maka akan dapat diketahui masalah yang menyebabkan ketidaksuburan pasangan.

Banyak faktor penyebab wanita susah hamil, diantaranya sebagai berikut :

Menstruasi Tidak Teratur

  • Beberapa wanita memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Jika tidak terjadi setiap bulan, ada indikasi adanya ketidakseimbangan hormon. Menstruasi yang tidak terjadi setiap bulan itu artinya ovulasi (pembentukan sel telur) juga tidak terjadi setiap bulan atau dalam istilah medis dikenal dengan Anovulasi.

Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)

  • Penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual teruatama oleh klamidia. Kasus lainnya dapat dikarenakan penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasi kehamilan ektopik. Jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi sperma. Pada kasus ringan, konsepsi mungkin terjadi karena tidak semua wanita mengalami gangguan kesuburan.

Menopause Dini

  • Seorang wanita dapat dikatakan mengalami sindrom menopause dini ketika menstruasinya terhenti di usia yang tergolong muda, biasanya wanita yang mengalami sindrom ini berhenti menstruasinya secara tiba-tiba pada usia kurang dari 40 tahun. Jika sudah begini maka tak ada lagi sel telur yang dapat dibuahi. Tentu saja jika sperma sudah tidak bisa membuahi sel telur, maka tidak akan terjadi kehamilan.

Gaya Hidup

  • Kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesuburan, salah satunya ketika Anda adalah pecandu rokok atau makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat. Perhatikan pula konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, usahakan konsultasikan dengan dokter untuk pencegahan obat obatan tertentu.

Kualitas Sperma

  • Kualitas sperma juga sangat mempengaruhi proses kehamilan. Kualitas sperma yang kurang bagus akan mengakibatkan pembuahan terhadap sel telur yang sudah matang menjadi sia-sia sehingga tidak terjadi hamil.

Itulah beberapa Penyebab Wanita Susah Hamil. Konsultasi ke dokter baik dengan datang langsung ke klinik maupun konsultasi via online akan sangat membantu.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment