Monday, September 21, 2015

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan - Keputihan merupakan cairan atau lendir yang keluar dari alat kelamin perempuan. Keputihan pada wanita pada dasarnya adalah normal, hampir semua wanita pernah mengalami keputihan. Namun keputihan bisa juga menjadi tidak normal atau merupakan tanda adanya penyakit tertentu. Jadi Anda harus mengenal macam-macam keputihan dan batas normalnya.

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan

Bagaimana ciri-ciri keputihan yang normal ?

Keputihan masih tergolong normal bila :
  1. Bentuknya cair/encer
  2. Warna bening atau sedikit putih
  3. Jumlahnya sedikit
  4. Hampir tidak berbau
  5. pH asam, antara 3,8 – 4,5
  6. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

Lalu bagaimana ciri-ciri keputihan yang abnormal?

Bila cairan yang keluar dari vagina memiliki karakteristik seperti di bawah ini :
  1. Bentuknya kental
  2. Berwarna putih susu, kuning atau hijau
  3. Dalam jumlah banyak
  4. Berbau tidak sedap
  5. Menimbulkan gatal kadang nyeri pada genital dan sekitarnya
  6. Mengandung darah

Penyebab keputihan biasanya dikarenakan jamur, bakteri, virus dan parasit. Meskipun keputihan memiliki banyak jenisnya, hal itu sangat berbahaya apalagi kuman menyerang serviks. Pencegahan dini merupakan solusi awal untuk Anda mengatasi keputihan. Cara menghilangkan keputihan pada wanita dengan alami adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan

Perbanyak Konsumsi Bawang Putih


Selain untuk bumbu masakan, bawang putih mempunyai khasiat untuk kesehatan. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri, anti kulat dan virus memungkinkan mereka untuk menghambat perkembangan bakteri dan virus. Bawang putih dapat membantu Anda mengatasi keputihan.

Gunakan Pembalut yang Tepat


Teman akrab bagi wanita ketika sedang menstruasi, pembalut wanita. Tapi tahukah Anda salah memilih pembalut justru membuat Anda mengalami keputihan. Pilihlah pembalut yang menggunakan bahan kualitas, mengandung kandungan herbal.

Bersihkan Miss.V dengan Tepat


Selain menjaga kelembapan, yang terpenting adalah menjaga kebersihan Miss.V dengan cara teratur dan ketika membersihkan daerah kewanitaan, usahakan dari arah depan ke belakang.

Hindari stress, Melakukan Olahraga Secara Teratur


Menghindari stress dan berolahraga merupakan solusi tepat untuk Anda. Lakukan olahraga satu minggu 2 kali secara teratur.

Jika keputihan yang Anda alami masih terus terjadi, maka sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter karena dokter akan memberikan obat-obatan sesuai dengan penyebab keputihan yang dialami.  Bila setelah pengobatan dari dokter (umumnya dengan antibiotik dan anti jamur) keputihan tidak juga sembuh, maka sebaiknya dicek kembali. Keputihan yang terus menerus dapat disebabkan karena adanya penyakit serius seperti kanker leher rahim. Ini biasanya ditandai dengan cairan banyak, bau busuk, sering disertai darah tak segar.

Nah demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi keputihan pada wanita. Menjaga kebersihan pada daerah kewanitaan sangat penting agar tidak mengalami keputihan. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment