Sunday, September 27, 2015

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Sehat Alami

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Sehat Alami - Selain untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, ternyata jeruk nipis juga sangat bermanfaat sekali untuk diet sehat secara alami. Jeruk nipis bukan hanya bisa menjadi penyedap makanan atau menghilangkan bau amis pada ikan dan daging. Tapi juga bisa digunakan untuk mendukung proses diet.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Sehat Alami

Jeruk nipis mengandung vitamin C , Potassium, dan Asam folat. Ketiganya dapat membantu tubuh dalam mengurangi lemak. Selain itu, jeruk nipis mengandung limonin yang dapat mencegah sel-sel pada hati untuk memproduksi zat apo B. Zat ini adalah salah satu senyawa dalam tubuh yang berhubungan dengan kadar kolesterol tubuh. Produksi zat apo B terlalu tinggi akan menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Terdapat juga beberapa senyawa lainnya yang dapat meningkatkan kinerja usus dan juga kandungan serat dalam jeruk nipis membantu melancarkan pencernaan tubuh.

Lalu, apa saja manfaat jeruk nipis untuk diet sehat alami ?

Membakar kalori lebih cepat


Air jeruk nipis terbukti bisa menurunkan berat badan, dikarenakan kandungan kalori yang rendah. Tak hanya itu, jeruk nipis juga bisa membakar kadar kalori di dalam tubuh. Kemampuan ini bahkan lebih cepat, daripada pembakaran kalori dengan cara berolahraga renang selama tujuh menit. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis ini bisa membakar setidaknya 60 kalori.

Melancarkan pencernaan


Jika Anda mengkonsumsi air hangat yang sudah dicampurkan dengan jeruk nipis, ternyata punya manfaat untuk melancarkan pencernaan Anda, loh. Minuman tersebut akan membantu mengaktifkan dan merangsang proses pencernaan sehingga akan membuat tubuh tetap fit dan sehat. Nah, dengan lancarnya pencernaan, proses pembakaran lemak dan pengurusan badan yang Anda lakukan pasti akan lebih cepat.

Bisa menjadi pengganti garam


Lemak tidak didapatkan pada jeruk nipis, sehingga sangat aman untuk mendukung program diet. Zat yang terkandung di dalam jeruk nipis sangat membantu dalam menciptakan sensasi kenyang lebih lama dan bisa menekan nafsu makan berlebihan. Apabila Anda tengah menjalankan diet mayo, maka dilarang untuk mengkonsumsi garam. Anda bisa mengganti asupan garam ini dengan jeruk nipis. Dengan begitu bisa menambah citarasa makanan yang Anda konsumsi.

Mencegah sembelit


Manfaat jeruk nipis untuk diet yang lainnya adalah membantu Anda untuk mencegah sembelit. Tak bisa dipungkiri bahwa sembelit terkadang juga menjadi masalah yang cukup mengganggu saat Anda sedang berdiet. Nah, air jeruk nipis hangat ini akan membantu melancarkan gerakan usus Anda sehingga akan membantu mencegah segala hal yang berhubungan dengan sembelit.

Meningkatkan energi tubuh


Kandungan karbohidrat di dalam jeruk nipis terbilang besar mencapai 20 gram dalam takaran satu cangkir.  Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh sehingga setiap orang harus mencukupinya melalui konsumsi makanan pokok seperti nasi. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis, maka  Anda tidak perlu mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi secara berlebihan. Karena cara ini mengakibatkan berat badan meningkat dengan mudah. Karbohidrat yang terkandung di dalam jeruk nipis ini sangat mendukung tubuh untuk mendapatkan energi cukup guna menjalankan aktivitas.

Menekan nafsu makan berlebihan


Jeruk nipis memiliki kandungan serat yang rendah, tapi sudah terbilang mampu melancarkan sistem pencernaan. Sebuah riset ilmiah menemukan kalau air jeruk nipis bisa mendukung usaha penurunan berat badan. Caranya dengan menekan nafsu makan berlebihan. Selain itu, juga bisa menjadikan perut lebih lama merasa kenyang. Manfaat jeruk nipis untuk diet ini tentunya sangat penting, agar kebiasaan makan berlebihan bisa dicegah.

Menurunkan berat badan lebih efektif


Nah, manfaat yang terakhir ini adalah manfaat yang paling sering dicari oleh orang yang mengkonsumsi jeruk nipis. Berbagai kandungan di dalam buah yang satu ini terutama vitamin C dan serat sangat berdampak positif bagi orang yang sedang diet. Dengan mengkonsumsi air jeruk nipis, maka akan membantu Anda memberikan rasa kenyang yang lama dan membuat proses penurunan berat badan Anda lebih efektif.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment