Wednesday, November 25, 2015

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam - Kulit wajah maupun kulit tangan dan kaki kering merupakan hal yang lumrah dan banyak dialami oleh pria maupun wanita. Banyak diantara mereka membiarkannya begitu saja tanpa mencari solusi bagaimana cara mengatasi kulit kering tersebut. Namun tidak sedikit pula yang mencari cara mengatasi kulit kering, terutama kaum wanita. Sebelum membahas tentang cara tersebut tidak ada salahnya untuk membahas seputar kulit kering terlebih dulu, terutama apa saja penyebab kulit kering.

Sebenarnya apakah penyebab kulit kering dan kulit kusam itu? Kulit kering dapat terjadi karena kurangnya kadar minyak pada kulit (minyak sebum) sehingga hal ini mengakibatkan kulit cepat kering dan kusam.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Minyak sebum ialah suatu kelenjar minyak alami yang dihasilkan dari kulit tubuh kita, minyak ini berfungsi membantu memberikan kelembaban pada kulit tubuh.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan kulit kering diantaranya:

  • Faktor keturunan atau genetik
  • Efek samping dari obat-obatan yang sedang dikonsumsi
  • Infeksi jamur kulit yang parah
  • Penggunaan produk kecantikan atau kosmetik yang kurang tepat sehingga menimbulkan efek berupa kulit kering dan kusam
  • Kekurangan asupan mineral juga dapat menjadi penyebab kulit kering dan mengalami dehidrasi

Sedangkan untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba menerapkan beberapa cara mengatasi kulit kering berikut ini.

Tidur yang cukup ( jangan terlalu sering begadang)


Kurang tidur atau sering Begadang juga masuk kedalam salah satu sebab kulit Anda tampak kusam dan kering, oleh karenanya jangan biasakan waktu istirahat malam Anda untuk dipaksakan kerja (kecuali yang masuk kerja malam bisa diatasi dengan siangnya tidur ). Selain bisa mengakibatkan kulit kusam dan kering, sering begadang juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Istirahatlah atau tidur minimal 7-8 jam dalam semalam untuk mendapatkan kulit segar dan tentunya untuk mendapatkan kesehatan badan kita.

Pilih pelembab yang tepat


Pelembab kulit dapat Anda temukan dengan mudah di toko kecantikan. Apabila Anda sudah mencoba memakai pelembab tetapi masih kering cobalah berganti menggunakan produk merk lainnya. Produk pelembab yang paling direkomendasikan yakni pelembab yang berbentuk krim.

Perbanyak konsumsi air mineral


Air adalah sumber bagi kehidupan, begitupun untuk kulit anda. Mengkonsumsi air dengan cukup dapat mencegah terjadinya kulit kusam. Konsumsi air mineral kurang lebih 2,5 liter atau 8 gelas perhari akan membuat tubuh Anda menjadi lembut dan segar.

Menjaga pola makan


Nutrisi yang terkandung dalam makanan juga sangat mempengaruhi kulit Anda kering dan kusam. Anda jangan asal memilih makanan dengan mengutamakan kuantitas bukan kualitasnya, dianjurkan untuk anda yang ingin kulitnya segar dan kencang untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin, sehingga asupan gizi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit dapat tercukupi.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin E


Vitamin E sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban, kesegaran, menjaga elastisitas kulit dan mengencangkan kulit. Asupan vitamin E bisa kamu dapatkan dari kacang Almond dan kacang kacangan lainnya.

Lakukan olahraga secara teratur


Salah satu penyebab kulit kering dan kusam selain yang sudah disebutkan diatas adalah penumpukan sel kulit mati yang diakibatkan kurangnya kelenjar minyak dan keringat untuk mendorong keluar sel kulit mati tersebut. Oleh karenanya dengan olahraga secara teratur maka Anda akan mendapatkan keringat, dan keringat itu akan membantu mengeluarkan atau sel kulit mati yang tertempel pada kulit.

Itulah referensi dari kami tentang Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam. Semoga bisa memecahkan masalah kulit kering dan kusam Anda.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment