Thursday, November 26, 2015

Manfaat Luar Biasa Tidur Siang Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Tidur Siang Bagi Kesehatan - Tidur sudah menjadi kebutuhan setiap pada orang dalam mengistirahatkan tubuh sesudah melakukan aktivitas seharian, karena tubuh memerlukan istirahat supaya stamina tubuh dan pikiran dapat pulih kembali. Akan tetapi, seperti yang sudah kita ketahui bahwa tidur di malam hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengistirahatkan tubuh, namun banyak dari sebagian orang yang melakukan tidur di siang hari atau biasa kita kenal dengan tidur siang. Lalu, apakah ada manfaatnya apabila kita melakukan tidur siang ?

Manfaat tidur siang ternyata dapat menyembuhkan dan menghindari berbagai macam penyakit berbahaya. Kebanyakan orang-orang mengabaikan pentingnya tidur siang walaupun hanya sekedar 1 jam saja. Padahal tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan dan untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktivitas yang di jalani.

Manfaat Luar Biasa Tidur Siang Bagi Kesehatan

Saat tertidur, ada banyak hal yang terjadi pada otak. Otak kanan menunjukkan aktivitas yang jauh lebih tinggi. Hal itu aneh karena sebagian besar orang menggunakan tangan kanan yang didominasi otak kiri. Tapi selama istirahat, otak kanan lah yang paling aktif.

Perlu Anda ketahui bahwa tidur siang juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, akan tetapi jangan sampai terlalu lama untuk melakukan tidur di siang hari. Untuk itu, pada kesempatan kali ini seputar-kesehatan.com akan membahas mengenai manfaat luar biasa tidur siang bagi kesehatan Anda.

Mengatasi imsomnia


Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia (susah tidur di malam hari). Kebiasaan gejala susah tidur saat malam hari ini tidak baik bagi kesehatan. Tubuh pun perlu istirahat dan memejamkan mata hingga terlelap, jika hal sepele ini diabaikan maka bersiap anda akan terkena kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan sampai meningkatkan risiko kecelakaan.

Tentu ini akan sangat berbahaya bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang sekitar, tidur siang merupakan obat pengganti sulit tidur malam hari yang biasa kita sebut insomnia.

Meningkatkan daya ingat


Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang selama 45 menit bisa membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang.

Peningkatan aktivitas otak saat sedang tidur juga diyakini bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

Mengurangi stres


Stress merupakan salah satu sumber penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan syaraf dan jantung. Banyaknya aktivitas yang di kerjakan, otak menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berfikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan membuat stress yang berlebihan. Betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, sebaiknya dapat tidur siang beberapa menit saja. Hal ini dikarenakan tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

Mencegah penyakit jantung


Tidur siang yang pendek selama 20-40 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Yunani.

Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Menurut penelitian ini, tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Jika berlebih, justru menyebabkan terbangun dengan 'kepala berat'.

Meningkatkan mood


Neurotransmitter serotonin mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita, ia juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tapi ketika tubuh kita stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Menurut Mednick, tidur siang menggenangi otak dengan serotonin, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif.

Nah, itulah beberapa Manfaat Luar Biasa Tidur Siang Bagi Kesehatan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment