Tuesday, November 10, 2015

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet - Saat kita kelebihan berat badan, maka yang pertama kali terlintas di benak kita adalah melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Diet berarti mengurangi atau menghindari beberapa jenis makanan yang mengandung kalori dan lemak yang tinggi serta memperbanyak asupan nutrisi lain yang menyehatkan tubuh.

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat diet. Karena jika Anda tetap makan secara sembarangan, maka hasil yang didapatkan kurang maksimal atau bahkan bisa gagal. Mau tahu jenis makanan apa saja yang harus dihindari saat diet?

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat diet karena efeknya dapat menggemukkan badan.

Minuman bersoda

  • Minuman ini mengandung banyak gula dan kalori yang bila dikonsumsi justru dapat meningkatkan berat badan. Selain dapat memicu kegemukan, minuman bersoda juga diketahui dapat mengganggu sistem pencernaan.
  • Gula, kalori dan pencernaan yang terganggu menjadi sebagian hal yang dapat menyebabkan naiknya berat badan. Oleh sebab itu, hindari minuman jenis ini selama Anda sedang diet.

Makanan berminyak dan berlemak

  • Saat malam hari perut sebenarnya juga membutuhkan istirahat. Makanan berminyak dan berlemak akan membuat Anda merasa lemas di pagi hari, karena saat tengah malam perut dipaksa bekerja lebih keras untuk mencerna semua makanan tersebut. Jauhi jenis makanan seperti makanan siap saji, kacang, es krim, atau makanan yang mengandung keju. Lagi pula, makanan yang berminyak dan berlemak juga memicu timbunan lemak dalam tubuh.

Gorengan

  • Ini adalah makanan favorit orang Indonesia, makanan ini sangat mudah dijumpai dan hampir semua orang menyukainya. Sayangnya makanan gorengan cenderung berminyak dan dapat menyebabkan naiknya kolesterol dalam darah dan berakibat buruk bagi kesehatan dan proses diet yang sedang berlangsung.

Nasi putih

  • Nasi putih tergolong kedalam karbohidrat sederhana yang diproses secara cepat oleh tubuh dan membuat kadar gula dalam darah meningkat. Jika Anda ingin memaksimalkan hasil diet Anda, sebaiknya ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah.

Makanan pedas

  • Rempah-rempah mungkin bisa menjadi obat alami untuk berbagai penyakit, dan punya efek menghangatkan tubuh. Namun, sebaiknya hindari makanan pedas, baik yang dihasilkan oleh cabai atau rempah-rempah lain saat ingin makan pada malam hari. Makanan yang pedas bisa mengusik perut, dan senyawa kimia yang ada di dalamnya bisa merangsang indera Anda sehingga jadi sulit tidur.

Makanan kaleng

  • Makanan kaleng bisa jadi solusi praktis bagi kita yang sibuk dan memiliki jadwal padat termasuk saat kita sedang melakukan program diet. Tinggal ambil dari lemari pendingin, beres toh? Alasan makanan kaleng bertahan lama adalah karena kandungan sodium yang tinggi. Saat kita mengkonsumsi makanan dengan kandungan sodium tinggi, tubuh kita akan mengalami kesulitan untuk memberi sinyal kepada tubuh saat tubuh sudah kenyang. Akibatnya, kita cenderung makan lebih banyak dari yang seharusnya.

Margarin batangan

  • Margarin batangan umumnya mengandung lemak jenuh tinggi yang berpotensi meningkatkan kolesterol dalam darah. Makanan ini sebaiknya dihindari, bukan hanya ketika Anda sedang diet, namun juga pada hari-hari biasanya. Ingat, bahwa kolesterol menjadi pemicu utama terjadinya serangan jantung.

Makanan tinggi karbohidrat atau makanan manis

  • Tidak ada salahnya untuk menyantap makanan manis, karena bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Namun, jika Anda menyantapnya terlalu banyak, atau memilih jenis makanan yang berkarbohidrat tinggi, kadar gula darah akan meningkat dengan cepat sehingga bisa mengganggu kenyamanan tidur. Hindari cemilan yang manis dan berat seperti martabak, dessert, keripik, nasi dengan lauk-pauk bersantan, atau roti. Kunyah saja buah-buahan atau sereal sebagai penggantinya.

Dalam menjalankan diet akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan yang dibuat sendiri. Dengan begitu Anda bisa mengontrol apa yang ada dalam makanan tersebut termasuk jumlahnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan hasil diet yang lebih maksimal dan cepat. Buah dan sayur juga harus diperhatikan dengan baik dan dijaga strerilitasnya. Maka dari itu Anda perlu mengetahui makanan apa saya yang sebaiknya tidak Anda konsumsi selama melakukan diet.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat diet, dengan menghindari makanan-makanan tersebut, diet akan lebih terarah dan tujuan dari diet bisa didapat lebih cepat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment