Wednesday, November 11, 2015

Buah-Buahan yang Baik Untuk Kehamilan

Buah-Buahan yang Baik Untuk Kehamilan - Masa kehamilan merupakan masa-masa paling membahagiakan bagi orang tua terutama bagi seorang Ibu. Wanita hamil pada umumnya akan berpikir dua kali sebelum mereka makan apa-apa. Hal ini wajar, karena ini adalah salah satu upaya untuk melindungi diri dan perkembangan bayi di dalam rahim.

Buah-Buahan yang Baik Untuk Kehamilan

Kehamilan harus dijaga sebaik mungkin sehingga sang ibu dapat bersalin dengan lancar dan bayinya terlahir dengan sehat tanpa kurang suatu apapun. Selain harus mengurangi aktivitas keseharian dengan tidak bekerja terlalu keras dan mengangkat beban terlalu berat salah satunya, konsumsi makanan juga harus diperhatikan. Ada berbagai makanan yang akan sangat bagus bila dikonsumsi oleh orang normal atau tidak sedang hamil, tetapi akan memberikan efek terbalik bagi yang sedang hamil.

Selain mengkonsumsi sayuran, para ibu hamil juga disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi berbagai macam buah yang baik untuk ibu hamil. Pasalnya seorang ibu hamil tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan menjaga kondisi janin yang ada di dalam kandungannya.

Berikut ini ada beberapa daftar buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil:

Buah Naga


Dalam beberapa tahun terakhir buah ini mulai populer di kalangan masyarakat. Di balik keunikan nama dan bentuknya, ternyata buah naga menyimpan beribu khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah khasiat untuk ibu hamil. Buah naga yang buahnya sudah matang ternyata bisa membantu mengeluarkan dahak yang biasanya sering dialami oleh para ibu hamil. Selain itu jenis buah naga ini juga merupakan salah satu buah yang sangat jarang menggunakan pestisida sehingga lebih aman dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Buah Alpukat


Buah yang bagus untuk kesehatan kulit ini ternyata masuk dalam jajaran buah-buahan untuk ibu hamil yang sangat baik. Banyak kandungan dari buah ini yang bermanfaat untuk ibu hamil diantaranya kandungan asam folat, kalium dan vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat. Kandungan asam folat pada alpukat mampu membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya dapat digunakan untuk mengatasi mual dan muntah pada awal kehamilan.

Buah Kurma


Buah yang identik dengan negara Arab ini memang memiliki banyak kandungan gizi yang berkhasiat bagi ibu hamil. Beberapa kandungan gizi di dalam buah kurma ini diantaranya adalah kalium, serat, mangan, fosfor, besi, belerang, magnesium, dan kalsium. Beberapa mineral seperti zat besi adalah salah satu yang bermanfaat bagi seorang ibu hamil. Pasalnya zat besi ini bisa membantu tubuh memproduksi hemoglobin, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari kemungkinan terkena anemia. Selain itu rasa kram yang sering dialami ibu hamil juga bisa teratasi dengan kalium yang ada pada buah kurma. Dan selain bisa menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama, kurma juga disarankan bagi Anda yang sudah memasuki masa kehamilan trimester akhir karena vitamin B dalam buah kurma bisa membantu sang ibu memperkuat dinding rahimnya.

Buah Apel


Buah untuk ibu hamil trimester pertama berikutnya adalah Apel. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apel adalah salah satu buah terpopuler di masyarakat. Bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi buah apel ternyata juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Rasanya manis, sedikit asam dan biasanya dikonsumsi dengan kulitnya. Kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan vitamin C yang terkandung dalam buah apel bersama dengan kandungan-kandungan lainnya dinilai sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Buah Manggis


Saat ini, khasiat manggis terutama kulitnya sudah tidak dapat diragukan lagi, banyak perusahaan obat-obatan herbal yang mengolah ekstrak kulit manggis menjadi antioksidan paling tinggi dalam tubuh. Ternyata, buah manggis juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah manggis mampu memberikan daya tahan tubuh yang kuat serta mampu menjaga elastisitas kulit selama kehamilan karena pertumbuhan janin. Asam folat yang dimiliki oleh manggis sangat dipercaya bermanfaat untuk mengurangi resiko bayi terlahir premature ataupun cacat organ tubuh. Kandungan lainnya seperti mangan sangat membantu dalam melindungi janin dari radikal bebas serta membantu dalam pembentukan tulang rawan dan kerangka bayi. Itulah beberapa manfaat yang menjadikan manggis sebagai salah satu buah-buahan untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan. 

Itulah beberapa buah-buahan yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan kadar serat serta membantu pertumbuhan janin yang sehat di dalam kandungan Anda. Dengan menjaga keseimbangan asupan nutrisi yang seimbang terutama dari buah untuk ibu hamil juga telah menjaga kesehatan bayinya dengan baik pula. Dan yang perlu Anda ingat adalah, jangan lupa untuk selalu mencuci atau membersihkan buah yang akan Anda makan terlebih dahulu meskipun dari luar terlihat bersih. Ingatlah bahwa kebersihan makanan dan minuman adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan para ibu hamil.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment