Friday, November 20, 2015

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Apel

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Apel - Buah apel merupakan salah satu buah yang mudah ditemui baik di Indonesia maupun di Negara-Negara lain. Apel juga memiliki nama latin "Pyrus Malus" dan termasuk dalam golongan Rosaceae. Selain rasanya yang enak, ternyata apel juga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Untuk mendapatkan semua manfaat dari buah apel, sebaiknya Anda memakan apel dengan kulitnya. Jangan lupa juga untuk mencuci apel hingga bersih untuk menghilangkan pestisida.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Apel

Nilai kandungan gizi Apel per 100 g (3.5 oz)

Energi 218 kJ (52 kcal)
Karbohidrat 13,81 g
Gula 10,39 g
Diet serat 2,4 g
Lemak 0,17 g
Protein 0,26 g
Air 85,56 g
Vitamin A equiv. 3 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0.017 mg (1%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,026 mg (2%)
Niacin (Vit. B3) 0,091 mg (1%)
Asam pantotenat (B5) 0,061 mg (1%)
Vitamin B6 0,041 mg (3%)
Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%)
Vitamin C 4.6 mg (8%)
Kalsium 6 mg (1%)
Zat Besi 0,12 mg (1%)
Magnesium 5 mg (1%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 107 mg (2%)
Seng 0,04 mg (0%)

Dengan kandungan nutrisi di atas, buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya seperti berikut ini:

Mencegah Penyakit Jantung dan Diabetes


Orang yang makan apel lebih sering, lebih kecil kemungkinannya terkena sindrom metabolisme sekelompok penyakit, Seperti darah tinggi, tingkat kolesterol yang meningkat dan lemak perut berlebihan, yang mana semua ini dapat memperbesar risiko seorang pria terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Makan apel secara teratur juga mengurangi tingkat protein C reaktif dalam darah, yang dapat juga menyebabkan penyakit yang telah disebutkan tadi.

Mencegah Resiko Alzheimer


Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.

Mengurangi Resiko Stroke


Kalium merupakan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah. Menurut penelitian, satu porsi buah apel mampu menurunkan resiko terkena stroke hingga 40%.

Kaya Antioksidan


Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang depresi.

Kesehatan Gigi


Menggigit dan mengunyah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.

Mencegah Dehidrasi


Apel terdiri dari 85% cairan. Makan satu apel ukuran sedang sama seperti minum 5 ons air. Konsumsi apel bisa membantu mencegah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

Sistem Pencernaan


Mengkonsumsi dua buah apel setiap hari dapat membantu mencegah penyakit pada sistem pencernaan, seperti konstipasi dan diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan.

Perlu diperhatikan bahwa apel yang sudah diolah biasanya struktur seratnya sudah rusak, sehingga jika untuk keperluan kesehatan atau pengobatan, sebaiknya mengkonsumsi apel yang segar, bukan olahan.

Jadi tunggu apalagi? Segera biasakan untuk mengkonsumsi buah apel setiap hari untuk mendapatkan manfaat sehat dari buah yang satu ini.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment