Saturday, November 28, 2015

Manfaat dan Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan - Seperti yang kita tahu, pinang merupakan sejenis palma yang sering ditemui di daerah Afrika bagian timur, Asia dan Pasifik. Tapi tahukah Anda bahwa buah pinang mempunyai banyak manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan? Pinang memang tidak banyak memiliki peminat dalam hal buah secara langsung. Namun setelah Anda mengetahui bagaimana bagusnya pinang untuk kesehatan Anda, tentunya Anda akan langsung mencari buah ini dan mengkonsumsinya secara teratur.

Dalam budaya daerah tertentu, buah pinang umum digunakan sebagai salah satu bahan untuk sebuah tradisi yang disebut dengan nyirih. Nyirih melibatkan 3 bahan utama yaitu, daun sirih sebagai pembungkus, kapur, dan buah pinang, yang kemudian dikunyah secara terus menerus hingga dirasa sudah saatnya untuk dibuang dari mulut. Kegunaan lain yang paling populer dari buah tropik ini adalah untuk pelengkap pada acara-acara tertentu, terutama untuk acara ritual kepercayaan.

Manfaat dan Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan

Selain penggunaan diatas, buah pinang juga banyak diyakini dapat mengobati atau mencegah beberapa penyakit. Nah pada artikel kali ini seputar-kesehatan.com akan mencoba membagikan artikel Manfaat dan Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan, mari simak di bawah ini.

Mengecilkan rahim


Manfaat buah pinang untuk mengecilkan rahim bagi wanita pasca melahirkan bisa dikatakan sangat berguna untuk kesehatan dan pemulihan kecantikan area kewanitaannya. Berikut ini cara memanfaatkan buah pinang untuk mengecilkan rahim bagi wanita, yaitu:

  1. Memarkan 2 biji buah pinang.
  2. Rebus dengan 2 gelas air hingga menyusut menjadi 1 gelas.
  3. Beri satu sendok madu.
  4. Minum hingga habis dan lakukan satu kali dalam sehari secara rutin hingga khasiatnya terasa.

Membasmi cacing


Buah pinang yang dikunyah secara alami dapat mematikan cacing yang berdiam didalam tubuh atau usus manusia. Hal ini juga telah banyak digunakan dalam peternakan ayam untuk membasmi penyakit  cacingan pada ayam ayam. Menghilangkan cacing yang tidak mudah dilakukan dengan menggunakan obat-obatan, bisa mencoba untuk memanfaatkan buah pinang ini. Akan tetapi, sebaiknya penggunaan sirih dihentikan, jika dirasa sudah terbebas dari cacingan, karena penggunaan dalam jangka panjang dikatakan beresiko meningkatkan kanker.

Meningkatkan gairah


Meningkatkan gairah seks kaum pria. Khasiat ini di ketahui karena di dalam pinang terkandung arekolin. Ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Potong kecil-kecil kemudian kunyah dan makan. Cara lain, ambil satu biji buah pinang kemudian hancurkan dan rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas. Keduanya memiliki khasiat yang sama.

Meredakan sakit pinggang


Bagian buah pinang yang bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang adalah daunnya. Cara memanfaatkannya yaitu:
  1. Tumbuk beberapa daun pinang secara kasar.
  2. Hangatkan beberapa saat.
  3. Tempelkan atau kompreskan daun tadi pada bagian yang sakit.
  4. Lakukan rutin agar hasilnya maksimal.

Menyehatkan gigi dan gusi


Masyarakat zaman dulu memiliki kebiasaan yang unik yaitu mengunyah buah pinang. Namun ternyata hal tersebut dapat memberi manfaat yang menguntungkan, yaitu membuat gigi dan gusi mereka lebih kuat dan juga sehat. Apabila anda tertarik untuk memiliki gigi dan gusi yang kuat secara alami, cukup iris buah pinang dan kunyah secara rutin. Hasilnya, gigi dan gusi akan nampak terawat dan terlihat lebih sehat.

Begitu banyak bukan Manfaat dan Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan, maka dari itu jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi atau menjadikan Buah Pinang sebagai tumbuhan obat yang ada di sekitar kita.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment