Sunday, November 29, 2015

Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda

Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda - Tips menjaga kehamilan muda sangat penting, apalagi untuk ibu dengan kehamilan pertama mereka. Jika tidak hati-hati, akibat paling parah yang bisa muncul adalah gugurnya janin karena pada masa periode ini, janin masih sangat rapuh sehingga resiko keguguran masih sangat besar. Prosentase keguguran pada awal periode kehamilan sangatlah tinggi, bisa mencapai 40%. Beberapa keguguran berhubungan dengan abnormalitas seperti leukemia, faktor hormonal dan lain sebagainya. Ibu yang terlihat sangat sehat bukan berarti terhindar dari berbagai masalah yang dapat menyebabkan keguguran.

Saat Anda positif hamil, hal ini merupakan kabar yang menggembirakan bagi keluarga. Mengingat saat ini ada generasi keluarga yang sedang ‘bersarang’ di perut Anda. Tentunya, mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu merupakan hal yang sangat menarik bahkan hingga ia terlahir ke dunia. Meskipun, awalnya akan sulit untuk mendeteksi bagi sebagian diri Anda karena tidak melihat ada tanda-tanda kehamilan. 

Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda

Memang pantas jika kemudian gelar pahlawan yang sesungguhnya diberikan untuk ibu, karena perjuangan bahkan dari awal-awal minggu akan sangat rawan keguguran. Beberapa cara merawat kehamilan muda menjadi hal yang penting untuk diketahui oleh setiap wanita yang nantinya akan menjadi calon ibu. Berikut ini beberapa Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda yang wajib Anda ketahui antara lain:

Hindari Rokok dan Obat-obatan

Tips menjaga kehamilan muda yang pertama adalah menghindari semua bahan jahat yang dapat berdampak buruk pada janin. Merokok merupakan salah satu tindakan yang dapat merusak janin, bukan hanya ibu yang merokok tetapi ibu sebagai perokok pasif juga dapat merasakan dampaknya. Begitu juga dengan obat-obatan, bahan kimia yang terdapat pada obat-obatan akan berdampak negatif pada janin secara signifikan, karenanya pastikan untuk menghindari berbagai macam obat termasuk obat ringan sekalipun.

Hindari Aktifitas Berat

Pada awal kehamilan, ibu hamil akan mudah lelah dan bahkan kadang pingsan karena darah rendah. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidak memaksakan diri melakukan tugas berat. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Pastikan jika Anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan salah, terlalu lama berdiam diri akan membuat badan lebih mudah lemas dan tidak nyaman. Bila perlu, lakukan semua aktifitas secara terjadwal. Jika anda wanita karir, tips menjaga kehamilan usia muda adalah saat di trimester pertama. Pada tahap tersebut, tubuh perlu penyesuaian karena tidak hanya fisik dan psikologis yang berubah, tapi juga faktor hormon dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kinerja Anda. Sangat penting bagi Anda untuk menghindari steres sehingga hormon tidak memicu konstraksi rahim yang akan meningkatkan resiko keguguran. 

Memperhatikan Makanan

Salah satu tips menjaga kehamilan muda yang terpenting adalah yang berhubungan dengan konsumsi makanan dan minuman kita. Pada masa ini, janin masih sangat lemah, maka makanan atau minuman yang cukup merusak atau kurang bisa memberikan suplai vitamin dapat mengganggu pertumbuhan janin. Nutrisi menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga awal kehamilan. Ibu sangat memerlukan beberapa nutrisi tambahan seperti zat besi. Kekurangan zat besi akan bisa berakibat fatal untuk janin seperti abortus atau keguguran atau kelahiran prematur. Ya, bukan hanya resiko keguguran, kekurangan nutrisi pada awal kehamilan dapat berakibat pada kondisi fisik bayi saat dilahirkan. Maka dari itu, ibu harus sangat memperhatikan asupan makanan sejak trimester pertama.

Kendalikan Emosi

Saat hamil, ada banyak ujian karena saat masa-masa hamil, wanita lebih mudah terbawa emosi. Hal ini dikarenakan ketidakstabilan hormone yang tentunya akan mempengaruhi tingkat stress Anda yang dapat membahayakan janin. Demi si jabang bayi, mengelola emosi dan mengendalikannya akan sangat bermanfaat misalnya dengan lebih mendekatkan diri ke Tuhan, bermeditasi dan bercengkrama dengan suami sebagai tips menjaga kehamilan usia muda. Lakukan semua hal yang dapat meningkatkan aura positif sehingga mampu menstabilkan emosi. Perlu diwaspadai bahwa mengelola emosi sangat penting terutama bagi calon ibu hamil dengan riwayat hipertensi. Pastikan tubuh dan pikiran selalu rileks.

Jaga Nutrisi

Tips selanjutnya adalah menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Saat hamil muda, biasanya wanita diserang rasa mual hingga nafsu untuk makan hilang. Hal ini memang normal adanya tapi walau bagaimanapun, perasaan ini tak boleh diikuti sebab jika calon ibu tidak makan maka janin akan kehilangan asupan nutrisi penting yang ia inginkan.

Konsultasikan Kehamilan dengan Bidan atau Dokter Kandungan

Cara menjaga kehamilan pada usia muda yaitu dengan berkonsultasi secara rutin pada bidan atau dokter kandungan, bawa selalu buku laporan yang berwarna pink untuk mencatat riwayat kehamilan Anda, sangat di sarankan bagi Anda untuk terus mengkonsultasikan berbagai keluhan mulai dari pusing, mual atau bahkan muntah. Jika bidan atau dokter kandungan secara mudah dapat mengetahui tentang kesehatan kehamilan Anda melalui keluhan, tentunya akan mudah bagi mereka untuk membedakan hal-hal yang normal dan abnormal yang Anda alami. Apabila tubuh mengalami pendarahan yakni pada daerah kemaluan, muntah hebat yang terus terjadi, demam tinggi atau bahkan keputihan yang tidak biasa, sangat penting bagi Anda untuk terus berkonsultasi.

Demikian artikel seputar Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda. Karena kehamilan adalah karunia Tuhan, maka menjaganya adalah sebuah rasa syukur yang paling pantas diberikan. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment