Monday, November 23, 2015

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan - Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia yang terkenal dengan rasanya yang asam. Diantara banyaknya varian jeruk yang kita ketahui, namun jeruk nipis merupakan yang paling banyak manfaatnya bagi kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan begitu banyaknya resep tradisional warisan nenek moyang dimana jeruk nipis merupakan bahan utamanya.

Jeruk nipis juga termasuk salah satu tanaman yang layak dibudidayakan dalam skala besar. Karena berdasarkan faktanya banyak sekali aneka produk yang memanfaatkan ekstrak jeruk nipis sebagai salah satu bahan utamanya seperti makanan ringan, permen, produk kosmetik, pasta gigi, produk kecantikan dan bahkan produk pencuci peralatan dapur. Mengkonsumsi jeruk nipis secara langsung juga berperan meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan
Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat serta khasiat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh. Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

Membantu lancarkan pencernaan


Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengkonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.

Pencegah dari gangguan sembelit


Sembelit atau susah air besar merupakan gangguan kesehatan yang sangat menyiksa bagi sebagian orang.Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah gangguan kesehatan yaitu sembelit.

Buah rendah kalori


Jeruk yang rasanya asam itu rendah kalori, dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran, jika Anda mengkonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Di samping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis.

Solusi pencegah diabetes yang efektif


Jeruk nipis mengandung serat larut yang cukup melimpah. Serat larut ini berfungsi untuk mengatur kadar gula di dalam darah. Sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula didalam darah secara berlebihan.

Menurunkan berat badan


Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga berisi serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan. Nah, serat itulah yang menimbulkan perasaan kenyang bagi tubuh.

Mencerahkan kulit


Efek menghilangkan racun dari tubuh juga bisa membuat kulit menjadi terlihat cerah. Vitamin C dari jeruk nipis membantu Anda terlihat lebih muda. Karena kandungan antioksidan di dalamnya, membuat kulit awet muda.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca semua, jaga selalu kesehatan Anda karena sehat itu mahal.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment