Sunday, November 22, 2015

Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Wanita Hamil

Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Wanita Hamil - Kehamilan adalah masa yang paling sulit bagi seorang wanita dan juga bayinya yang masih didalam kandungan. Selain harus memenuhi diet dan aktifitas yang sehat, ibu hamil juga perlu untuk mewaspadai beberapa makanan dan buah-buahan dalam diet harian mereka. Pada umumnya makan banyak buah-buahan dan sayuran segar pada wanita selama hamil adalah hal yang baik. Ibu hamil sangat memerlukan vitamin, mineral dan serat, dan itu bisa banyak diperoleh dari aneka buah-buahan segar.

Buah sendiri telah lama dikenal kaya akan nutrisi bagi ibu hamil. Namun sayangnya tidak semua jenis buah-buahan yang sehat bagi ibu hamil, ada beberapa buah yang menjadi pantangan ibu hamil. Jadi jika Anda menginginkan yang terbaik bagi bayi Anda, maka sebaiknya Anda memperhatikan daftar buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan.

Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Wanita Hamil

Berikut beberapa buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil:

Nanas


Buah nanas merupakan salah satu buah yang termasuk harus dibatasi bahkan kalau perlu dihindari oleh wanita hamil. Nanas kaya akan zat yang disebut bromelain, yaitu yang dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim yang mengarah ke persalinan dini/prematur. Wanita hamil yang makan buah nanas dalam jumlah sedang dan sering bisa berpengaruh pada persalinan, terutama selama trimester pertama untuk menghindari kejadian seperti pelunakan leher rahim. Ibu hamil bisa mengganti nanas dengan buah lainnya yang lebih aman dan paling bernutrisi didunia.

Durian


Buah durian banyak mengandung mineral dan vitamin yang sangat tinggi. Ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan Anda. Namun sayangnya dapat menimbulkan dampak buruk bagi wanita yang sedang hamil jika dikonsumsi secara berlebihan. Durian sendiri mempunyai sifat panas saat berada di dalam perut Anda dan juga mengandung alkohol. Bagi Anda yng tidak sedang hamil pun dilarang untuk mengkonsumsi buah durian secara berlebihan, karena akan mengakibatkan rasa pusing. Ini karena adanya kandungan alkohol di dalam buah tersebut.

Kandungan lainnya adalah asam arachidonat dimana senyawa tersebut adalah senyawa kimia yag dapat memicu terbentuknya prostaglandin. Untuk prostagladin sendiri merupakan senyawa yang dapat merangsang kontraksi pada rahim Anda. Ini akan menimbulkan dampak buruk yang sangat berbahaya bagi janin Anda yaitu keguguran. Ancaman ini biasanya bisa dialami saat memasuki kehamilan trimester pertama.  Atau juga pada bayi prematur yang usia kehamilannya kurang dari 36 minggu. Alkohol sendiri merupakan zat yang harus dihindarkan kepada ibu hamil. Walaupun kadarnya memang cukup rendah, namun tetap aja berbahaya.

Pepaya


Asupan pepaya ternyata juga bisa menyebabkan keguguran. Hal ini terutama pepaya yang mentah atau setengah matang kaya akan lateks (getah), yang dikenal bisa memicu kontraksi rahim. Buah pepaya terutama harus dihindari selama trimester ketiga dan terakhir kehamilan. Namun tidak demikian dengan pepaya yang benar-benar telah matang, asal kulitnya telah dikupas dan dicuci dengan baik. Pepaya yang matang kaya akan gizi, seperti vitamin C, mineral, serat dan banyak lagi nutrisi sehat lainnya yang bisa membantu mencegah timbulnya gejala kehamilan seperti mulas dan sembelit. Pepaya yang dicampur dengan madu dan susu juga merupakan tonik yang sangat baik bagi wanita hamil terutama pada masa menyusui.

Hindari buah yang belum dicuci


Saran yang paling penting bagi wanita hamil adalah untuk menghindari buah yang tidak dicuci atau produk buah yang tidak dipasteurisasi. Hal ini berlaku kepada seluruh jenis makanan, sangat penting untuk menjaga kebersihannya selama kehamilan untuk menghindari infeksi berbagai bakteri seperti toksoplasmosis. Selain itu, kulit buah yang tidak dicuci sangat mungkin menyimpan sisa pestisida yang bisa membahayakan.

Buah-buahan harus menjadi bagian dari setiap diet kehamilan, namun walau bagaimanapun kita harus berhati-hati bahkan kalau perlu menghindari makan buah seperti nanas, durian atau pepaya untuk menghindari beberapa komplikasi. Semoga artikel tentang Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Wanita Hamil ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment