Thursday, May 05, 2016

Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan - Daun ketumbar biasanya banyak dijadikan hiasan atau pun penyedap masakan terutama untuk beragam kuliner di wilayah Asia Selatan, Asia Tengah, China, Meksiko dan juga Rusia. Bahkan hampir semua jenis masakan Thailand memakai seluruh bagian daun ketumbar, mulai dari daun batang hingga akarnya sebagai salah satu bumbu masakannya. Aromanya yang unik menjadi salah satu ciri khas dari masakan asal Negeri Gajah Putih tersebut.

Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan


Daun ketumbar yang memiliki bentuk menyerupai daun Peterseli serta daun Seledri membuat banyak orang seringkali tertukar, namun daun ketumbar memiliki cirinya tersendiri. Daun ketumbar sendiri memiliki daun yang bentuknya lebih bundar dan warnanya lebih hijau terang daripada daun Seledri dan Peterseli. Tak hanya memberikan aroma yang khas, daun ketumbar juga sering disebut dengan Kilantro ini ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Bahkan kabarnya daun ketumbar sangat bermanfaat untuk mengecilkan perut yang besar. Anda ingin tahu manfaat lainnya dari daun ketumbar? Berikut informasinya dibawah ini.

Melancarkan Peredaran Darah


Manfaat pertama dari daun ketumbar adalah untuk melancarkan peredaran darah. Banyaknya kandungan Vitamin (K) dalam daun ketumbar membuat daun ketumbar sangat baik untuk mengatur penggumpalan darah ketika terluka sehingga dapat mencegah terjadinya pendarahan. Dengan mengkonsumsi setidaknya satu genggam daun ketumbar setip harinya maka Anda telah memenuhi kebutuhan Vitamin (K) untuk tubuh sekitar 12,5 mg Vitamin (K) yang tentu saja sangat baik untuk melancarkan peredaran darah.

Daun ketumbar segar juga banyak mengandung Vitamin (C) yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu daun ketumbar dapat mencegah pembentukan kolesterol dalam lapisan Arteri dan Fena sehingga mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Kolesterol jahat atau LDL pun akan berkurang dengan mengkonsumsi daun ketumbar. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa daun ketumbar sangat bermanfaat untuk pasien Diabetes karena dapat merangsang Sekresi Insulin sehingga mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Mengecilkan Perut Besar


Menurut para ahli The University of Western Ontario Canada, daun ketumbar kaya akan Limonen yang mampu menghambat perut mengabsolut lemak-lemak jenuh dan mengantarnya ke Liver untuk di keluarkan. Beberapa Study terpisah juga menyebutkan bahwa satu sendok teh daun ketumbar mampu menenangkan saluran cerna sehingga dapat mengatasi perut kembung dalam waktu 24 jam saja. Hal ini dikarenakan daun ketumbar banyak memiliki minyak Essensial dan aroma yang dapat membantu sekresi Enzim dan cairan pencernaan dalam perut sehingga dapat merangsang sistem pencernaan tetap sehat.

Menciptakan Rasa Senang


Manfaat lain dari daun ketumbar adalah membangkitkan rasa senang hanya dalam waktu sekejap saja. Menurut sebuah Study di Jepang, dalam daun ketumbar banyak mengandung (kamferoll) yang mampu mempercepat pembakaran glukosa sehingga mempercepat penambahan energi dan meningkatkan rasa senang dengan melumpuhkan Enzim yang bertugas untuk menjaga hormon bahagia.

Membunuh Kuman


Menurut para ahli Medical Center di Washington DC, di dalam daun ketumbar banyak ditemukan kandungan alkohol borneol yang mampu membunuh virus dengan melarutkan kulit berlemak yang mengandung mikro organisme tersebut. Kemampuan kandungan borneol dalam daun ketumbar diketahui sama seperti resep anti biotik dokter dalam membunuh kuman yang ditularkan dari makanan seperti ekoli. Selain kandungan anti bakteri dalam daun ketumbar, daun inipun dipercaya mampu melawan samonela yang dikenal sebagai penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Menjaga Kesehatan Mata dan Susunan DNA


Seperti diketahui daun ketumbar memiliki kandungan Vitamin (A) yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata serta Vitamin (B9) yang bermanfaat untuk mempertahankan susunan DNA agar tetap sehat dan normal.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot


Dengan mengkonsumsi daun ketumbar dapat juga menjaga kesehatan tulang dalam tubuh karena didalam daun tersebut banyak mengandung Vitamin (K). Daun ketumbar juga dipercaya dapat membantu meredakan nyeri pada otot.

Menjaga Kesehatan Kulit


Daun ketumbar juga kaya akan anti jamur, anti septik bersifat disinfektan serta memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi sehingga sangat baik digunakan untuk mengobati gangguan pada kulit. Jika Anda sering menderita gatal-gatal, minum saja satu gelas jus daun ketumbar maka gatal-gatal tersebut akan hilang.

Menjaga Kesehatan Mulut


Selain untuk menjaga kesehatan kulit, daun ketumbar juga kaya akan minyak essensial yang bekerja sebagai anti septik dan dapat mengurangi luka serta bisul dalam mulut. Dengan hanya menempelkan segenggam daun ketumbar pada daerah yang terkena bisul di mulut, maka bisul pun akan sedikit berkurang.

Itulah beberapa Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan.  Selain daunnya, biji ketumbar juga dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan gas dalam perut, mengatasi mual, meredakan inflamasi, sakit reumatik, sakit kepala dan juga stres mental. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment